Pelajaran Kehidupan dari Catur

Apakah anda tahu Permainan Catur? Mungkin sebagian besar menganggap permainan catur  ini sebagai permainan yang membosankan dan hanya bikin pusing kepala. Gimana tidak??? Bayangkan…, gak ada suporter apalagi cheerleader atau umbrella girl, sepanjang permainan pemainnya hanya diem-dieman dan asyik dengan pikirannya masing-masing, gak ada body contact, gak ada genderang atau terompet penyemangat pertandingan, rumitnya aturan main dan masih banyak lagi alasan yang membenarkan kalo catur itu memang membosankan. Biasa hanya orang-orang yang hobi berpikir yang biasa main catur.

Namun bagi para penggilanya permainan catur bukan hanya permainan yang menggunakan otak saja tetapi permainan yang menantang karena perlu strategi dan taktik yang matang untuk setiap langkah – langkah yang dilakukan untuk mengalahkan lawan. Terutama dalam mengantisipasi pergerakan bidak lawan yang harus cermat dan tepat. Bahkan sekarang pun banyak tersedia software-software catur yang bisa didapatkan di internet sehingga sendiri pun bisa memainkannya dengan menantang ‘komputer’ bermain, seperti yang pernah dilakukan Grandmaster asal Rusia Gary Kasparov dengan super komputer ‘Deep Blue’ beberapa tahun yang lalu untuk menguji seberapa hebat kemampuan otak manusia melawan ‘kecerdasan buatan’.

Pada awalnya permainan catur adalah permainan yang trend dilakukan oleh para raja – raja pada zaman kerajaan sebelum masehi tepatnya di luar negeri yang berasal dari India pada zaman itu dan seiring dengan perjalanan waktu permainan catur menjadi permainan yang bias dimainkan oleh semua orang tanpa membedakan status akan tetapi permainan catur kini menjadi permainan yang tidak populer dibandingkan permainan lain karena dianggap kurang keren oleh generasi muda.

Jika kita jeli, banyak pelajaran maupun hikmah yang dapat kita ambil dari permainan catur ini, diantaranya :

1. Konsentrasi dan ketenangan.

Dalam memainkan permainan ini dibutuhkan konsentrasi yang tinggi serta ketenangan hati dan jiwa, karena jika kita kehilangan konsentrasi dan ketenangan maka kita bisa salah langkah. Maka tak jarang kita lihat para Grandmaster catur lokal maupun tingkat dunia menyelesaikan pertandingan ini dalam waktu yang berjam-jam.

Begitu pun dengan hidup kita, harus selalu konsentrasi dan fokus dalam mencapai apa yang kita inginkan baik di dunia maupun di akhirat serta tenang dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah.

2. Kerjasama.

Kita harus bisa memainkan kerjasama yang baik antar bidak catur satu dengan lainnya, sehingga antara bidak akan saling mendukung dalam membangun serangan dan saling melindungi dari ancaman pihak lawan. Semua bidak memiliki peranan masing-masing yang tidak bisa berdiri sendiri untuk mencapai tujuan bersama. Misalnya Bidak prajurit/pion merupakan yang paling lemah dengan keterbatasan langkahnya namun merupakan dinding pertahanan yang kokoh jika bersama pion lainnya

Tanpa kerjasama, tujuan besar akan lama dicapai, semua punya kepentingan sendiri-sendiri yang ingin didahulukan. Bangsa ini tak akan bisa bangkit jika tidak bersatu dan bekerjasama. Mementingkan kepentingan partai atau golongannya, egois, dan saling merasa benar hanya akan membuat bangsa ini lebih jauh jatuh dan menderita. Catur mengajarkan kita untuk bisa mengalahkan lawan dan menang diperlukan kerjasama antar bidak dan strategi yang tepat dari pemimpin (pemain).

3. Pengorbanan.

Kadang-kadang untuk membuka jalan serangan ke kubu lawan, dibutuhkan pengorbanan 1-2 dari bidak catur kita.

Tidak ada kemenangan tanpa pengorbanan, untuk mencapai itu maka ego, kepentingan pribadi dan golongan harus dibawah dan dikorbankan demi kepentingan bersama. Begitu pun dalam kehidupan pribadi kita, jika ingin sukses dikemudian hari kita harus mengorbankan kesenangan dan waktu kita.

4. Langkah yang terencana.

Langkah-langkah bidak catur harus kita mainkan dengan terencana. Perencanaan langkah bidak serta resiko yang akan datang jika melangkah kesana juga harus sudah terpikirkan, sehingga langkah antisipasinya pun sudah kita siapkan.

Rencana merupakan master plan dari apa yang ingin kita capai. Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal. Analisislah semua aspek melalui SWOT. Antisipasi semua kemungkinan walaupun itu kecil, kadang yang kecil justru yang menjatuhkan kita.

5. Strategi / cara yang luar biasa.

Strategi atau cara penyerangan juga harus luar biasa, karena jika kita memainkan langkah bidak yang biasa kita lakukan, maka akan mudah di tebak oleh lawan kita.

Orang sukses biasa melakukan hal-hal yang luar biasa, bukannya yang biasa-biasa saja. melakukan hal yang ‘biasa’, hasilnya pun akan biasa aja. Beda jika dilakukan dengan cara-cara yang tak biasa dilakukan (luar biasa), hasilnya pun berbanding lurus dengan apa yang dilakukan.

6. Kreatifitas

Catur tidak sekedar menggerakan bidak dan mengkombinasikan dengan bidak-bidak lainnya, ada banyak kemungkinan dan strategi yang dapat dilakukan sehingga menciptakan permainan yang indah dan mengagumkan.

Begitu pun dalam kehidupan manusia, bagaikan air yang selalu bergerak agar tetap mengalir walaupun batu besar menghadang. Air yang bermanfaat tidak diam terperangkap oleh kungkungan batu. Orang yang sukses adalah yang kreatif memanfaatkan dan mengkombinasikan semuanya, termasuk peluang dan kesempatan.

Sehingga pada akhirnya, perpaduan yang baik dari keenam point diatas serta ‘keterampilan’ kita-lah yang akan memenangi pertandingan kehidupan ini. Hidup didunia bukanlah untuk bersenang-senang dan menghabiskan usia kita demi memuaskan syahwat, melainkan mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya untuk kehidupan akhirat yang kekal. Dunia hanya tempat singgah sementara kita sebelum melanjutkan ke ‘perjalanan’ selanjutnya.

referensi : de-kill.blogspot.com

This entry was posted in Manajemen Qalbu, pengembangan diri. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pelajaran Kehidupan dari Catur

  1. fransiska mifanyira sutikno says:

    Bagus sekali…. Saya senang dan terharu membacanya *sungguh*…..

  2. bagas says:

    bagus,mudah-mudahan gw biza jadi grandmaster indonesia dan dunia. amien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s